Tuesday, July 5, 2011

suddenly i can use my region language again

entah karena faktor lawan bicara, tempat bicara, atau anak bahasa yang melarang penggunaan bahasa daerah di sekolah, saya merasa kemampuan berbahasa sunda saya hilang. paling cuma beberapa kata saja yang saya ingat.

tapi kalo saya lagi liburan dan pulang ke bandung, tiba-tiba kemampuan berbahasa sunda itu muncul kembali. saya jadi ingat semua kata-kata yang dulu saya tahu bahasa sundanya. dan saya merasa, setelah 2 minggu liburan logat saya kembali nyunda.

apalagi kalau di rumah, bahasa saya beda banget sama biasanya kalau lagi ngomong sama adik kaka saya. begitupun mereka. aku kamu jadi gue elu atau bahkan aing sia (oke, itu termasuk kasar).

kata2 yang lagi populer di rumah saya (adik kakak saya) : "era maneh? bengeut tah sakuan..." hahahahahaha (dan ini harus saya akui, kata-kata ini cukup kasar bagi yang ngerti bahasa sunda, jadi jangan tiru kata-kata ini di rumah)

tapi jangan salah sangka dulu, saya dan adik kakak saya menggunakan kata-kata ini hanya untuk bercanda...

No comments:

Post a Comment